Learn to be Patient

David Coleman dalam bukunya 42 Rules for Succesful Collaboration (2009) berulang-ulang menekankan pentingnya proses dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Proses menjadi bagian tidak terpisahkan dari keberadaan orang, teknologi, dan metode dalam menjalankan suatu kolaborasi kerja. Hal ini menjadi penting juga dimiliki oleh seorang creativepreneur, mempunyai karakteristik belajar untuk terus bersabar dan menekankan orientasi pada proses serta tidak pada hasil semata.

 

Bayangkan saja, dengan sedemikian banyak jadwal dan agenda yang superpadat, apakah mungkin pribadi creativepreneur mengharapkan sesuatu secara cepat? Tentu saja tidak. Meskipun begitu, karena demikian banyak hal yang dikerjakan oleh para creativepreneur, anggapan sebagai pengejar keberhasilan instan memang tak jarang disematkan pada mereka. Namun, dalam praktiknya, pribadi creativepreneur justru sangat sabar dalam mengerjakan proses yang beragam tersebut.

 

Bekerja keras dan bersabar terhadap hasil adalah karakter yang harus terus dipelajari oleh si creativepreneur. Meski demikian, kita pun harus tetap bersiap akan kemungkinan kegagalan dalam pekerjaan kita sehingga bersabar menjadi salah satu kekuatan kita untuk bisa bertahan. Bagaimanapun juga, memahami proses dan menjalaninya sepenuh hati akan menguatkan mental kita ketika hasil akhir tidak selalu sesuai dengan yang kita harapkan.

 

Penulis sendiri merasakan bahwa proses dapat memperkaya pengalaman. Misalnya saja ketika penulis menyiapkan beberapa materi untuk dikirimkan pada konferensi internasional sebagai pemakalah, tentu saja tidak semua materi yang dikirim akan diterima oleh panitia. Penolakan panitia bukan berarti sekadar kegagalan, melainkan menjadi proses untuk terus mengembangkan materi dan kemampuan menulis itu sendiri.

 

Menikmati jalannya proses yang terasa lebih mendalam bukan berarti harus dilawankan dengan hasil yang bagus. Namun, proses yang menggunakan hati dan kerja keras akan dirasakan lebih bermakna dibandingkan hasil yang diperoleh dengan cara yang relatif cepat dan cenderung instan.