Life is Never Flat

Keuntungan lain dengan menjadi seorang creativepreneur adalah kekayaan pengalaman yang berwana-warni. Sekali lagi, warna-warni bagai pelangi muncul dalam pembahasan karena memang itulah salah satu kuncinya. Inilah rutinitas versi creativepreneur, rutinitas yang membuat creativepreneur tetap bersemangat karena keragaman pengalaman yang bersumber dari beragam aktivitas.

 

Secara ilmiah, kondisi ini ternyata memang menjadi salah satu strategi yang dapat memotivasi kinerja individu atau tim. Jika Anda memiliki tanggung jawab untuk mendesain tugas bagi tim, buatlah bervariasi dengan beragam elemen. Motivasi kerja pun mengalir lebih natural yang akan berbuah pada efektivitas kinerja, demikian yang dikemukakan Herzberg, Hackman, dan Oldham (dalam Lunenberg, 2011).

 

Bila ada yang tebersit tentang risiko, Anda tidak salah, risiko memang selalu hadir. Bagi creativepreneur pemula, risiko bisa membuat jantung berdebar dan menimbulkan kecemasan. Namun, seiring waktu, kata risiko berubah menjadi tantangan dan konsekuensi. Debaran jantung tidak lagi hanya bermakna kecemasan, tetapi excitement!

 

Menjadi creativepreneur memungkinkan kita untuk menikmati dan terlibat aktif dalam beragam situasi kerja.

 

Sebagai penulis, misalnya, Anda lebih dituntut untuk mandiri dalam mencari informasi, mengelola ide, mencermati peristiwa, hingga menjalin hubungan dengan pihak penerbit dan mengembangkannya untuk kerja sama jangka panjang. Bila terjadi hal yang kurang sesuai harapan, Anda pun belajar untuk lebih asertif agar bisa mengemukakan keberatan tanpa merusak hubungan yang telah terbangun atau meninggalkan nilai yang Anda yakini serta mencapai kompromi. Pada saat yang sama, jika Anda juga memimpin satu tim kerja, seperti production house, maka Anda harus mengelola tim dan tugas secara efektif sesuai nature tim yang penuh kreativitas, cair, tetapi tetap disiplin. Bayangkan jika Anda juga seorang pengajar beberapa mata kuliah. Tantangan yang hadir semakin seru karena Anda harus mengelola kelas, mengamati perkembangan mahasiswa, termasuk memberikan bimbingan penulisan ilmiah.

 

Saat semua itu menari dengan tempo yang bervariasi dalam harmoni, Anda pun akan semakin mengamini bahwa life is never flat (again)!